Kelas 5

PERUBAHAN BENDA DI SEKITAR KITA

A. Perubahan Fisika

Perubahan fisika yaitu perubahan yang bersifat sementara dan dapat kembali ke wujud semula. Contoh: es menjadi air dan sebaliknya. Selain itu, ada pula larutan garam yang berasa asin. Ketika larutan garam dipanaskan sampai semua air rasanya tetap asin. 

1. Perubahan Wujud 

            Setiap materi yang berunah wujud karena pengaruh pemanasan akan mempunyai sifat yang sama. Materi tersebut juga dapat dikembalikan ke sifat yang sama. Materi tersebut juga dapat dikembalikan ke sifatnya semula.

            Contoh perubahan fisika karena perubahan wujud adalah pelelehan, peleburan, pencairan, penguapan, pengembunan, pembekuan, penyubliman.

Beberapa perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari :

Macam-macam perubahan fisika

2. Pelarutan

Sifat gula yang dilarutkan dalam air seperti rasa manis tetap nampak. jika larutan gula diuapkan, akan diperoleh kembali gula dengan sifat manis yang sama. Proses pembuatan sirup, cuka, dan alkohol 70% merupakan contoh perubahan fisika.

Larutan Gula

3. Perubahan Bentuk 

Perubahan materi dari kayu menjadi kursi termasuk perubahan fisika. Hal ini karena kayu hanya berubah bentuknya saja. Adapun sifatnya tidak berubah. Sifat kursi atau meja sama dengan kayu. Begitupun dengan perubahan kayu gelondongan menjadi kayu lembaran, batang bambu menjadi angklung, kertas menjadi kapal-kapalan dan kain menjadi pakaian.

Angklung

B. Perubahan Kimia

Perubahan kimia yaitu perubahan yang bersifat tetap atau tidak dapat kembali ke wujud semula. Contoh besi yang berkarat, makanan membusuk. Berikut adalah proses yang termasuk dalam perubahan kimia.

1. Pelapukan

Pelapukan adalah peristiwa perubahan bentuk dan sifat benda karena beberapa faktor. Pelapukan merupakan proses yang berhubungan dengan penghancuran bahan, disebabkan oleh organisme (makhluk hidup) maupun anorganisme (benda mati).

Pelapukan dapat dibedakan menjadi 2 jenis :

a. Pelapukan biologis

Pelapukan biologis disebabkan oleh aktivitas organisme, seperti jamur dan jasad renik lainnya.

Pelapukan biologi

b. Pelapukan mekanik

Pelapukan mekanik terjadi akibat suhu, tekanan, angin, dan air. Pelapukan mekanik dapat berlangsung lama atau sebentar

Pelapukan mekanik

2. Berkarat

Logam juga dapat mengalami perubahan. Saat masih baru, benda-benda dari logam tampak padat dan berkilau, tapi jika tak dirawat, benda dari logam akan berkarat. Logam yang berkarat menjadi keropos, tak lagi berkilau, warnanya berubah kusam dan kehilangan fungsi.

Peristiwa besi berkarat termasuk perubahan kimia yang berlangsung sangat lambat

Besi karatan

3. Pembusukan

Pembusukan makanan disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui udara atau air. Ini terjadi jika makanan dibiarkan berinteraksi dengan udara atau air dalam waktu yang lama. Untuk mencegahnya, yakni membuat bakteri tidak dapat tumbuh atau mati, dapat dilakukan dengan cara pengeringan, pengasinan, pemanisan, pemanasan, pemberian bahan pengawet atau pembekuan.

Proses roti yang membusuk ini, dipengaruhi oleh kelembapan

Roti berjamur
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Skip to toolbar