Kelas 1

PERISTIWA ALAM

A. CUACA

Ada waktu siang dan malam. Udara siang hari panas. Sedangkan pada malam hari, udara lebih sejuk. Udara panas dan sejuk terjadi akibat perubahan cuaca. Cuaca adalah keadaan udara pada waktu tertentu. Indonesia memiliki empat jenis cuaca, yaitu cuaca berawan, mendung, hujan, dan cerah. Cuaca yang berbeda membuat kegiatan manusia juga berubah.Bila cuaca cerah. Matahari bersinar terang Langit tampak biru tidak berawan Angin bertiup sepoi-sepoi Udara terasa segarBila cuaca cerah. Matahari bersinar terang Langit tampak biru tidak berawan Angin bertiup sepoi-sepoi Udara terasa segar

Bila cuaca cerah. Matahari bersinar terang Langit tampak biru tidak berawan Angin bertiup sepoi-sepoi Udara terasa segar

Gambar Cuaca Cerah

Bila cuaca berawan Matahari tertutupi oleh awan, keadaan disekelilingnya akan tampak redup, cahaya matahari hanya tampak sebagian.

Gambar Cuaca Berawan

Bila cuaca mendung. Langit tampak gelap Matahari tertutup awan Angin bertiup kencang.

Gambar Cuaca Mendung

Cuaca hujan. Saat langit mendung setelah akan turun hujan. Terkadang terlihat cahaya kilat dan terdengar suara petir yang keras.

Gambar Cuaca Hujan

B. MUSIM

1.  Musim Kemarau

Gambar Musim Kemarau

Indonesia mempunyai  dua musim. Musim hujan dan musim kemarau. Pada musim kemarau, hampir setiap hari langit cerah. Udara terasa panas sehingga tubuh mudah berkeringat. Matahari bersinar terik  di musim kemarau  membantu pakaian  yang dijemur cepat mengering. Apabila Musim kemarau terjadi lebih lama maka dapat menyebabkan kekeringan. Saat kekeringan kita mengalami kesulitan air bersih. Banyak tanaman mati karena kekurangan air. Untuk itu kita harus menghemat air untuk mengatasi kekeringan.

Saat musim kemarau gunakan pakaian yang menyerap keringat. Pakaian dari bahan katun baik untuk digunakan di musim kemarau.

2. Musim Hujan

Gambar Musim Penghujan

Musim hujan datang. Kita bisa menikmati sejuknya udara. Hampir setiap hari turun hujan. Matahari bersembunyi di balik awan. Petani menyambut gembira datangnya musim hujan. Tanaman dan pohon dapat tumbuh subur. Disiram air hujan yang turun. Namun, hujan yang turun terus-menerus dapat menyebabkan banjir. Banjir melanda jika manusia tidak menjaga lingkungannya. Buanglah sampah di tempatnya. Tanamlah banyak pohon agar kita dapat terhindar dari bencana banjir.

Pada musim hujan kita harus memakai pakain yang tebal, ketika hujan turun pakailah mantol atau paying supaya tidak terkena air hujan

C. BENCANA ALAM

Gambar Banjir

Kadang-kadang terjadi kejadian yang tidak kita inginkan. Contohnya, bencana alam seperti gempa bumi, angin topan, kemarau panjang, dan banjir. Bencana alam  juga terjadi karena ulah manusia. Manusia menebang pohon sembarangan. Manusia juga membuang sampah sembarangan.

Banjir terjadi ketika musim hujan. Hujan turun terus-menerus. Saluran air tersumbat sampah. Menyebabkan air tergenang. Air yang menggenang tak terkendali disebut banjir

Gambar Kekeringan

Kemarau panjang terjadi saat hujan tidak turun. Hujan tidak turun  menyebabkan udara panas. Panasnya udara menimbulkan kekurangan air. Tanah menjadi kekurangan air. Apalagi jika banyak pohon ditebang. Akibatnya kita akan kekurangan air.

Angin dapat membantu aktivitas manusia. Bermain layang-layang dan perahu layar termasuk kegiatan yang memerlukan angin.

Angin dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Angin  yang bergerak pelan, sedang, dan sangat kencang. Apakah perbedaan ketiga angin tersebut? Di Indonesia sering terjadi angin kencang yang disebut puting beliung.

Perilaku yang tepat saat terjadi bencana adalah   menolong. Menolong korban bencana alam harus disesuaikan dengan bencananya. Musibah banjir memerlukan bantuan berupa bahan makanan, obat, dan selimut. Musibah kemarau panjang memerlukan bantuan air bersih. Musibah gempa bumi memerlukan bantuan bahan makanan obat dan pakaian.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Skip to toolbar