Kelas 2

PENGARUH MATAHARI TERHADAP BUMI

Matahari merupakan benda langit tempat matahari jauh dari bumi, matahari terbit dari timur matahari sangat penting bagi bumi tanpa matahari bumi akan gelap, matahari menghasilkan panas dan cahaya terbitnya matahari menandakan pagi datang dan terbenamnya matahari menandakan waktu sore hari.



1. kedudukan matahari pagi, siang dan sore

Kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari berubah-ubah. Pagi hari matahari tampak terbit dari timur. Semakin siang kenampakan matahari semakin naik.

Pada pukul 12 siang, matahari berada diatas kita. Hari pun telah siang. Setelah pukul 12 siang matahari perlahan turun ke arah barat. Sore hari matahari berada di barat.

Kira-kira pukul 6 sore, matahari terbenam. Cahaya matahari makin menghilang. Hari pun menjadi gelap

2. hubungan kedudukan matahari dan bayang-bayang

Cahaya matahari mengenai pohon-pohon maka akan terlihat bayangan pohon karena cahaya matahari sangat kuat maka bayangannya terlihat jelas.

Pagi hari kedudukan matahari di timur bayangan benda terbentuk memanjang sebelah barat karena matahari berada di tempat yang rendah. Waktu berjalan dan berganti semakin siang matahari bergerak naik bayang-bayang yang terbentuk semakin pendek. Bayangan benda pada waktu matahari diatas mengenai benda maka membentuk bayangan kedudukan matahari selalu beruba maka bentuk bayangannya ikut berubah pula.

Disiang hari udara terasa sangat panas, jam 12 siang matahari tepat diatas kita saat itu bayangan terlihat pendek, terlihat pada gambar berikut:

Pada sore hari letak matahari ada dibarat bayangan benda terbentuk di sebelah timur, saat itu bayangan terlihat lebih panjang semakin sore bayangan benda semakin panjang bayangan benda akan menghilang saat terbenam.

3. Kegunaan panas dan cahaya matahari

Panas dan cahaya matahari memiliki banyak kegunaan, salah satunya cahaya matahari membuat bumi menjadi terang dan cahaya matahari dapat membantu tumbuhan membuat makanan di daun, cahaya matahari juga digunaakan untuk menjemur pakaian dan baik untuk kesahatan tulang terutama pada pagi hari.

Selain memiliki beberapa manfaat cahaya matahari juga memiliki dampak bagi manusia yaitu jika terlalu sering terkena sinar matahari kulit akan rusak, menyilaukan mata, dan dapat membuat kepala pusing.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
Skip to toolbar