Kelas 2

MANFAAT HEWAN DAN TUMBUHAN YANG ADA DI LINGKUNGAN SEKITAR

Hewan : 

1. Ayam

  1. Manfaat : Sumber protein, bahan konsumsi makanan
  2. Habitat : Habitat asli di hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di  lingkungan manusia tinggal.

2. Sapi

  1. Manfaat : Sumber protein di ambil daging dan susu nya
  2. Habitat : Habitat asli di padang rumput dan hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

3. Cacing Tanah

4. Kuda

  1. Manfaat : Sebagai protein tinggi di ambil susu nya dan sebagai pembantu alat transportasi (delman/dokar/andong).
  2. Habitat : Habitat asli di padang rumput dan hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

5. Anjing

  1. Manfaat : Sebagai penjaga (rumah,kebun,ternak)
  2. Habitat : Habitat asli di hutan tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal.

6. Burung

  1. Manfaat: Sebagai sumber protein di ambil daging dan telur, membantu mengendalikan hama karena memakan serangga, dll.
  2. Habitat:  Habitat asli di pepohonan alam bebas tapi saat ini sudah bisa di ternak kan di lingkungan manusia tinggal. 

Tumbuhan :

1. Tumbuhan Kunyit.

  1. Manfaat : Kunyit bisa mencegah penyakit kanker, mencegah penyakit Alzheimer, mencegah penyakit anemia, mencegah diabetes dan bisa sebagai obat penyakit tifus.
  2. Habitat : Habitat asli nya di hutan saat ini banyak terdapat di kebun kebun sekitar kita. 

2. Tumbuhan jati.

  1. Manfaat :  Daun sebagai pakan hewan  dan kayu nya dimanfaatkan manusia untuk bahan industri meubel seperti meja ,kursi, lemari hingga bahan bangun rumah.
  2. habitat: Tumbuh di daerah iklim kering, dengan karakteristik tanah agak basah, curah hujan antara 1500 – 2000 mm per tahun dengan suhu rata-rata 27°- 36°C.

3. Belimbing wuluh.

  1. Manfaat : dapat digunakan untuk mengobati diabetes, melancarkan pencernan, mencegah penyakit kanker, dan mencegah hipertensi.
  2. habitat : Pada tanah yang subur, gembur, banyak mengandung bahan organik, aerasi dan drainasenya baik. Tempat tanamnya terbuka dan mendapat sinar matahari secara memadai dengan intensitas penyinaran 45–50 %, namun juga toleran terhadap naungan (tempat terlindung). Cocok di lokasi dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl.

4. Tumbuhan Kumis Kucing

  1. Manfaat : Bahan baku obat obatan, Mengurangi tekanan darah tinggi, menyembuhkan masalah kandung kemih, gangguan ginjal.
  2. habitat : Keadaan suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman kumis kucing adalah panas sampai sedang. Ketinggian tempat optimum tanaman kumis kucing 500 – 1.200 m dpl.

5. Sirih

  1. Manfaat : Untuk mimisan, mengobati gatal-gatal yang diakibatkan oleh alergi, diare, dan gusi berdarah.
  2. habitat : sirih biasanya hidup di tanah yang subur yang terdapat pohon inang yang umumnya tumbuh ke atas atau ke samping (Tanaman sirihnya menjulur) .

6. Tumbuhan Pisang

  1. Manfaat : Buah mengandung vit. C, bunga jantung dan batangnya bisa di konsumsi makhluk hidup dan digunakan sebagai olahan bahan obat. 
  2. habitat : Hampir di setiap tempat dapat dengan mudah ditemukan tanaman pisang. Iklim tropis basah, lembab dan panas mendukung pertumbuhan pisang. Tanaman ini toleran akan ketinggian dan kekeringan.

CARA MERAWAT HEWAN PELIHARAAN

1. Beri makan setiap hari pada hewan peliharaan

Jangan sampai lupa untuk memberi makan hewan peliharaan. Sebab meskipun telah jinak dan bersahabat dengan manusia, insting alami yang dimiliki hewan juga masih melekat di dalam hewan. Sehingga bila tidak kita beri makan maka hewan tersebut juga akan mencari makanan sendiri dan juga ini akan membuatnya menjadi liar dan juga tidak betah di area rumah.

2. Perhatikan kebersihan hewan peliharaan

Jangan sampai juga hewan peliharaan kita menjadi kotor serta  bau. Segeralah untuk dimandikan jika telah seperti ini. Hal ini bisa pula memebuat hewan kita terhindar dari serangan penyakit dan kuman berbahaya.\

3. Beri Makan Hewan Peliharaan

Dengan demikian hewan peliharaan milik kita akan menjadi lebih jinak dan menjadi penurut kepada kita. Dengan memberikan kasih sayang kita pada hewan nantinya juga akan membuat hewan – hewan tersebut akan semakin akrab dengan kita.

d. Sering – seringlah untuk mengajak hewan peliharaan anda jalan jalanatau keluar rumah

Dengan mengajak hewan peliharaan kita tidak perlu penasaran dengan dunia luar dan juga ini memungkinkan hewan peliharaan kita tidak akan tersesat apabila keluar ataupun lepas dari rumah atau pantauan kita.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
Skip to toolbar