Kelas 3

GERAK BENDA

A. Pengertian Gerak Benda

Gerak merupakan suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari tempat awal. Sebuah benda dikatakan bergerak bila benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati. contoh roda sepeda dapat bergerak dengan mudah.

B.  Macam-Macam Gerak Benda

Adapun macam-macam gerak benda yang diantaranya yaitu:

1.   Menggelinding

Menggelinding ialah bergerak dengan cara berputar sambil berpindah. Contoh benda yang dapat menggelinding ialah bola dan kelereng, karena memiliki bentuk yang bulat.

2.   Beputar    

Benda melakukan gerakan berganti arah atau berputar, benda umumnya berputar pada porosnya. Contohnya ialah kincir angin dan gasing.

3.   Memantul

Memantul ialah gerak berbalik arah suatu benda yang elastis yang mengenai benda keras. Benda yang dapat memantul antara lain: bola tenis, bola sepak, bola basket dll.

4. Jatuh

Benda pasti bergerak ke bawah yang disebut jatuh. Pada benda yang jatuh, kedudukan benda berudah lataknya dari atas ke bawah. Contohnya ialah buah kelapa yang lepas dari tangkainya.

5.   Mengalir

Benda cair bergerak dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, gerakan semua benda cair seperti gerak air disebut mengalir. Contohnya ialah aliran air sungai, gerak benda yang mengalir bisa dimanfaatkan, salah satunya ialah arum jeram.

C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gerak Benda

  • Luas Permukaan Benda

Benda yang permukaannya luas akan jauh lebih lambat dibading benda yang permukaannya sempit. Contohnya dua lembar kertas dengan bahan dan ukuran sama, yang sembar diremas dalam bentuk bulat, sedangkan yang selembar dibiarkan tetap. Setelah dijatuhkan secara bersamaan, maka kertas lembaran jatuh lebih lambat dibandingkan kertas yang diremas.

  • Permukaan Benda

Bentuk permukaan benda memengaruhi gerak benda. Semakin kasar permukaan benda, Semakin sulit benda itu menggelinding. Semakin halus permukaan benda, semakin mudah benda itu menggelinding. Contohnya roda yang permukaannya halus lebih mudah menggelinding dari pada roda yang permukaannya kasar.

  • Bentuk Benda

Bentuk benda bermacam-macam, misalnya: segitiga, segiempat, kotak, lingkaran, bola. Jika semua bentuk benda di tempatkan di ketinggian pada papan yang miring kemudian dilepas bersama-sama, maka bentuk bola yang paling mudah menggelinding. Roda mobil menggunakan roda yang berbentuk lingkaran karena mudah berputar. B

  • Berat dan ringan benda

Berat dan ringan benda memengaruhi gerak benda. Contohnya bola yang berat akan lebih sulit menggelinding di tanah datar dibandingkan bola yang lebih ringan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
Skip to toolbar